Minggu, 14 Oktober 2012

Efek Arus Listrik Pada Tubuh Manusia


Efek Arus Listrik Pada Tubuh Manusia

Sengatan (setrum) listrik dapat mengakibatkan kerusakan pada tubuh manusiaatau bahkan kematian. Kekuatan setrum bergantung pada besarnya arus listrik dan lamanya bekerja. Arus listrik yang mengalir melalui organ penting, seperti jantung atau otak sangat berbahaya karena dapat mempengaruhi kinerja organ-organ tersebut. Arus listrik memanaskan jaringan tubuh sehingga menyebabkan terbakar.
Umumnya, orang dapat ‘merasakan’ arus listrik yang besarnya 1 mA. Arus listrik yang besarnya beberapa miliampere menyebabkan sakit tetapi jarang mengakibatkan kerusakan pada orang yang sehat. Arus listrik di atas 10 mA menyebabkan kontraksi otot yang hebat. Jika arus di atas 70 mA mengalir melalui tubuh manusia dan sebagian melalui jantung selama satu sekon atau lebih, otot jantung akan mulai menegang tidak teratur dan darah tidak dapat dipompa dengan baik. Kondisi ini disebut fibrillasi ventrikuler (ventricular fibrillation). Jika periodenya lama, dapat menyebabkan kematian. Tabel dibawah menunjukkan efek arus listrik pada manusia.

Tabel Efek Arus Listrik Pada Manusia

Arus listrik (mA)
Efek
1
5 – 10
10 – 15
15 – 25
25 – 50
50 – 100
>100
Merasakan adanya arus
Shock ringan
Sukar melepaskan sumber arus
‘Otot membeku’
Sukar bernafas
Pernapasan mungkin berhenti, Ventricular fibrillation
Meningal dunia
*berbeda-beda menurut Individu
Sumber : jerry D. Wilson (1989), hal. 313.

Jaringan tubuh manusia mempunyai hambatan yang cukup rendah karena fluida sel berisi ion-ion yang dapat menghantar listrik dengan baik. Akan tetapi, lapisan kulit luar, jika kering, memberikan hambatan besar. Hambatan efektif antara dua titik pada sisi yang berlwanan di tubuh ketika kulit kering berkisar antara 104 Ω - 106 Ω. Jika kulit basah, hambatannya menjadi 103 Ω atau bahakan lebih kecil lagi. Seseorang yang bersentuhan dengan tanah yang menyentuh jalur listrik DC 120 V dengan tangannya yang basah dapat dialiri arus listrik sebesar = 120 V / 1.000 Ω = 10 mA. Sebagaimana di sajikan pada tabel di atas, arus listrik sebesar ini dapat menyebabkan kematian.

skema orang di aliri arus listrik/setrum

Gambar di atas menunjukkan rangkaian tertutup yang disebabkan oleh seseorang yang menyentuh kawat listrik. Salah satu sisi sumber tegangan 120 V dihubungkan ke ground (tanah). Dengan demikian, arus melewati kawat bertegangan tinggi, melewati orang, melewati ground, dan kembali ke terminal lain
Dari sumber tegangan. Jika orang pada gambar di atas berdiri di atas isolatoryang baik, misalnya sepatu dengan sol tebal, maka pada rangkaian terdapat hambatan yang jauh lebih besar sehingga arus yang mengalir menjadi jauh lebih kecil. Jika orang tersebut berdiri tanpa alas kaki, tentu akan sangat berbahaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar